Harley Davidson Dari Masa ke Masa (Bag. II)

Artikel ini merupakan lanjutan dari Harley Davidson Dari Masa ke Masa Bag. I

Tahun 60-an

1965 Harley-Davidson FL Electra-Glide

1965- Motor Harley Davidson jenis Electra Glide pertama kali menerapkan sistem starter elektrik.

Tahun 70-an

Motor Harley Davidson XR-750 (c) wikipedia

1970 – Harley Davidson jenis Sportster XR-750 dibuat sebagai jenis motor garuk-tanah. Kuda besi ini tercatat sebagai motor dengan raihan juara terbanyak sepanjang sejarah gelaran kejuaraan AMA di Amerika Serikat.

Tahun 80-an

Harley Davidson, 1984 Model FXST Softail (c) rustyknuckles.blogspot.com

1984 – Harley Davidson mengeluarkan FXST Softail. Motor HD jenis softail ini didesain agar terlihat bercita rasa klasik, dimana suspensinya seolah-olah hardtail/rigid padahal sebenarnya suspensi tersebut disembunyikan. Kata “softail” sendiri telah menjadi merek dagang/paten dari Harley Davidson.

Mesin Sportster Evolution (c) wikipedia

1986 – Mesin Sportster Evolution (kapasitas 883 cc, 1100 cc dan 1200 cc) diperkenalkan dengan fitur 4 camshafts (noken as). Pada gambar ilustrasi di atas noken as adalah yang berwarna merah.

Tahun 90-an

1993 – Seluruh jenis Sportster mulai menggunakan sistem berpenggerak belt.

1999 – Mesin Twin Cam 88 (“Fathead”) 1450 cc menggantikan generasi Evolution/Evo kecuali untuk jenis Harley Davidson softail.

Tahun 2000-an

Buell Blast tahun 2000

2000 – Di tahun ini motor Buell Blast bersilinder tunggal diproduksi oleh anak perusahaannya Harley Davidson, yaitu Buell. Lalu memproduksi pula mesin Twin Cam 95 berkapasitas 1550 cc.

2001 – Lahir tipe baru dari tipe cruiser dengan nama VRSC (V-Twin Racing Street Custom) bermesin V-Rod dengan pendingin berpelumas.

2003 – Mesin Twin Cam 103 berkapasitas 1.690 cc diperkenalkan introduced.

2007 – Electronic Fuel Injection menjadi standar di semua tipe produk HD.

2009 – Pabrikan HD merancang ulang untuk tipe motor touringnya. Perubahan meliputi rangka, lengan ayun, sistem dudukan mesin dan kapasitas tangki bahan bakar.

2012 – Twin Cam 103 menjadi standar dari keseluruhan tipe, kecuali Sportster dan Dyna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s