Harley Davidson Dari Masa ke Masa (Bag. I)

Harley Davidson LogoHarley Davidson, sebuah nama yang tak perlu diragukan lagi eksistensinya dalam dunia otomotif internasional khususnya sepeda motor. Kehadirannya bahkan telah menjadi simbol-simbol dalam berbagai hal, machoisme, kebebasan, cowboy,  dan pengakuan kasta tertinggi, mungkin, bagi sebagian kalangan. Lebih dari itu, Harley Davidson memang telah menciptakan kulturnya tersendiri.

Berawal pada tahun 1901 ketika William S. Harley muda yang saat itu berusia 21 tahun telah berhasil menyelesaikan cetak-biru sebuah mesin yang didesain untuk sepeda. And the rest is history…

Bersumber dari Harley Davidson dan allaboutbikes, tulisan kali ini akan menampilkan karya-karya Harley Davidson dari tahun awal hingga sekarang.

Generasi awal s.d. Akhir tahun 50-an

Motor Harley Davidson 1903

1903 – Inilah karya Harley Davidson awal, didesain sebagai sebuah sepeda motor balap. Dan untuk pertama kalinya pula ikut balapan di Milwaukee State Fair Park.

1907- Sebuah prototipe mesin V-Twin mulai diperkenalkan pada gelaran Chicago Automobile Show.

Motor Harley Davidson 1909

1909 – Motor Harley Davidson bermesin V-Twin untuk pertama kalinya dibuat. Di tahun ini pula perusahaan mulai menyediakan suku cadang.

Logo ikonik awal Harley Davidson untuk pertama kalinya diperkenalkan pada 1910.

Harley Davidson untuk militer di Perang Dunia I, 1917.

1917-1918 – Harley Davidson membuat sekitar 15.000 sepeda motor untuk keperluan pasukan militer AS selama Perang Dunia I.

Motor Harley Davidson 1922

1922 – Tipe JD & FD bermesin 1200 cc V-Twin untuk pertama kalinya diperkenalkan.

Motor Harley Davidson 1925

1925- Desain tangki bahan bakar berbentuk “Teardrop” mulai diaplikasikan pada motor Harley Davidson.

Motor Harley Davidson 1926

1926 – Sejak terakhir kalinya pada tahun 1918, motor Harley Davidson bersilinder tunggal mulai diproduksi kembali di tahun ini.

1929 – Motor berkapasitas 750 cc dengan mesin Flathead pertama kalinya diperkenalkan. Satu tahun berikutnya kapasitas mesin Flathead V-Twin ditingkatkan hingga 1200 cc.

1936 – Mesin V-Twin Knucklehead kapasitas 1000 cc hadir menggantikan Flathead

1941 – Mesin Knucklehead 1210 cc mulai diperkenalkan pada motor Harley Davidson tipe F & FL.

HARLEY DAVIDSON XA 1941 – 1942 (c) autoevolution.com

1942 – Melakukan pengembangan motor HD tipe XA (Experimental Army) sesuai namanya memang diperuntukan bagi kepentingan militer pada PD II, dimana tipe ini mengacu kepada motor pabrikan Jerman, BMW R71. Tipe ini hanya diproduksi 1000 unit saja, dan XA ini merupakan motor Harley Davidson yang berpenggerak gardan.

1948 – Knucklehead akhirnya mulai digantikan dengan kehadiran mesin Panhead 1000 cc dan 1200 cc.

HD Hummer (c) theworldofmotorcycles.com

1955 – Pabrikan memproduksi HD bermesin satu silinder 2-tak kapasitas 125 cc dengan nama Harley Davidson Hummer, setelah mereka mendapatkan desain motor DKW RT 125 dari pabrikan Jerman sebagai dokumen rampasan perang dunia. Selengkapnya mengenai motor Harley Davidson 2-tak ini bisa disimak di situs ini.

1957 Harley Davidson Sportster XL 883cc (c) motorcycleclassics.com

1957 – Sportster generasi Pertama diperkenalkan dengan nama XL kapasitas mesin 883 / 100 cc Ironhead.

Bersambung ke Bag. II

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s