jaket biker

Schott Perfecto, Desain Jaket Biker Yang Legendaris

Schott Perfecto tipe 618

Jaket kulit Schott Perfecto tipe 618 yang dipakai Marlon Brando di film “The Wild One” (Gambar: © Schott NYC)

Saya baru ngeh, ternyata model jaket biker yang terkenal sekali di kalangan anak motor itu punya sejarah yang cukup panjang.

Adalah Schott Perfecto yang menciptakan desain klasik jaket kulit yang hingga saat ini tetap tren dan modis di kalangan anak motor.

Berikut sejarah singkat perjalanan brand ini dari awal hingga saat ini.

Tahun 1928, Irving dan Jack Schott membuat jaket kulit motor untuk pertama kalinya. Produk perdana tersebut dijual di sebuah distributor Harley Davidson di Long Island. Merek jaket mereka merupakan penggabungan dari nama sang kreator dengan sebuah merek rokok kegemarannya, “Perfecto”. Lahirlah “Schott Perfecto”

Tahun 1940-an, mereka memperkenalkan produk perdana dengan kode 613 atau lebih dikenal dengan nama “One Star”, karena ada aksesoris tambahan berupa bintang di bagian bahu. Kemudian tipe 618 dikeluarkan pada tahun 50-an, desainnya masih sama dengan pendahulunya, hanya pada aksesoris bintang yang dihilangkan.

Marlon Brando dan jaket Schott Perfecto tipe 618 dengan tambahan aksesoris bintang di bahu.

Model jaket Perfecto pun menjadi tren dikalangan selebritis Amrik sana. Beberapa seleb yang pernah memakai jaket ini diantaranya:

Johnny Depp memakainya dalam sebuah acara televisi “21 Jump Street.” Kemudian ada Rhianna, Lady Gaga, juga Katy Perry yang pernah pula menggunakan jaket Perfecto ini dengan tambahan pola hitam-putih yang terinspirasi dari karya seni seniman Keith Haring.

Selain terkenal di kalangan biker, jaket ini menjadi trademark para rocker legendaris, khususnya komunitas musik (budaya) Punk di barat. Para personil The Ramones dan The Sex Pistols, merupakan salah satunya.

Sementara aktor legendaris Marlon Brando melalui penampilannya di film The Wild One, secara tak langsung telah membuat jaket ini menjadi hits dikalangan biker. Jaket yang dipakai Brando di film sejatinya adalah tipe 618 (tanpa bintang), namun diberi tambahan aksesoris bintang di strap bahu agar menyerupai model Perfecto awal tipe 613.

Sumber: allaboutbikes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s